Bisnis pembersih baru cenderung memiliki sedikit sumber daya keuangan. Sebelum Anda menandatangani klien pertama Anda, Anda membutuhkan modal untuk persediaan, peralatan, biaya awal dasar, dan bahkan mungkin gaji. Di mana perusahaan pemula mendapatkan pembiayaan yang mereka butuhkan untuk mendirikan toko? Beberapa bisnis menggunakan tabungan, beberapa meminjam dari teman atau kerabat, dan beberapa mendapatkan pinjaman bank. Tetapi banyak perusahaan kecil yang mengandalkan teknik yang disebut bootstrapping.
Bootstrapping berarti mencubit uang receh, memotong sudut, dan belajar melakukan lebih banyak dengan lebih sedikit. Menggunakan teknik bootstrapping juga berarti dengan hati-hati mengawasi dari mana uang tunai Anda berasal dan ke mana ia akan pergi. Apakah teknik ini berfungsi untuk mengembangkan bisnis Anda? Anda bertaruh! Ernest & Julio Gallo, Domino's Pizza, Hallmark Cards dan Black & Decker adalah contoh bisnis yang dimulai dengan $ 1000 atau kurang dan menggunakan seni bootstrap untuk tumbuh dan menjadi sukses.
Dalam bootstrap Anda tidak hanya fokus pada bagaimana pendapatan masuk ke dalam bisnis, tetapi di mana Anda akan menghabiskan uang yang masuk dan jika ada cara lain untuk mendapatkan sumber daya tersebut.
Berikut ini adalah teknik yang telah membantu bisnis tumbuh dan berkembang.
1) Fokus pada pelanggan yang tepat. Beberapa pelanggan suka memegang faktur selama mungkin. Menemukan pelanggan yang membayar segera membantu menjaga uang mengalir ke bisnis pembersihan Anda. Mempertahankan hubungan pelanggan yang baik juga akan membantu pelanggan Anda membayar segera setelah mereka mendapatkan faktur.
2) Jadilah hemat, tetapi tidak murah! Bedakan antara biaya yang diperlukan dan yang dapat Anda hindari. Apakah Anda perlu menyewa ruang untuk bisnis pembersihan Anda atau dapatkah Anda memulai dengan menjalankan bisnis di luar rumah atau garasi Anda? Bisakah Anda bertahan dengan peralatan bekas? Apakah Anda memerlukan ponsel dengan streaming video atau hanya model dasar untuk memastikan Anda tidak ketinggalan panggilan? Pada token yang sama, jangan picik (dan murah) dengan pemasok. Kembangkan hubungan yang baik dengan pemasok Anda dan mereka akan dengan senang hati memberi tahu Anda ketika ada spesial dan jika barang dengan harga lebih rendah berfungsi serta yang lebih mahal.
3) Buat profil tinggi untuk bisnis pembersihan Anda. Dengan mengambil akun pembersih yang lebih besar, proyek bisnis Anda memiliki citra kompetensi dan memiliki keterampilan dan sumber daya untuk menangani pekerjaan.
4) Pertahankan gaji Anda serendah mungkin. Semakin sedikit uang yang keluar dari bisnis Anda semakin baik. Kurangi pengeluaran pribadi Anda saat bisnis tumbuh. Hindari membeli mobil baru dan liburan pesiar sampai bisnis pembersihan Anda memiliki arus kas yang baik.
5) Buat pelanggan Anda berbicara tentang Anda. Dari mulut ke mulut adalah iklan terbaik di sekitar dan tidak dikenakan biaya apa pun. Minta referensi kepada pelanggan Anda dan beri tahu mereka untuk menyebutkan nama Anda jika mereka tahu ada orang yang mencari layanan kebersihan.
6) Menyimpan catatan yang baik dan melacak setiap dolar. Sulit untuk mengetahui apakah ada pengeluaran yang dapat Anda potong jika Anda tidak tahu ke mana uang Anda pergi atau dari mana uang Anda berasal. Pertahankan penghasilan lebih banyak dengan tidak memberikan perlakuan istimewa atau diskon kepada pelanggan khusus.
7) Ada kekuatan untuk menjadi pasangan. Temukan pemilik bisnis lain untuk berbagi peralatan, ruang kantor, atau bahkan karyawan.
8) Perdagangan untuk layanan. Apakah ada individu atau bisnis yang bersedia membuat Anda membersihkan kantor mereka untuk sebagian atau seluruh pembayaran mereka? Bisnis dan perusahaan besar mungkin tidak memiliki fleksibilitas untuk "menukar" layanan, tetapi pengacara, desainer grafis, akuntan, atau konsultan Anda mungkin senang bertukar layanan.
9) Jika Anda membutuhkan karyawan, sewalah bantuan paruh waktu atau sementara. Daripada memiliki pembukuan penuh waktu atau orang pemasaran berpikir untuk mempekerjakan asisten virtual yang dapat Anda bayar hanya beberapa jam sebulan. Manfaat lain bagi asisten virtual adalah dia akan memiliki peralatan sendiri dan bertanggung jawab atas pajak pekerjaannya sendiri.
10) Jika Anda membeli atau menyewakan ruang dan peralatan hanya menyetujui sewa jangka pendek. Ini membantu Anda mengendalikan biaya dan menjaga arus kas Anda fleksibel.
11) Berapa banyak inventaris yang harus Anda miliki? Jangan mengikat uang dalam persediaan dan peralatan yang hanya akan duduk di rak.
12) Jika perlu, bekerja malam dan akhir pekan saat bisnis Anda berkembang. Banyak pengusaha akan mempertahankan pekerjaan penuh waktu dan pekerjaan paruh waktu sampai bisnis mereka sendiri stabil secara finansial.
Menggunakan teknik bootstrap berarti Anda melihat lebih dari sekadar dari mana uang Anda berasal. Menghasilkan satu dolar dalam pendapatan hanya dapat menghasilkan 20 sen dalam laba. Tetapi jika Anda menghemat satu dolar dalam penghematan biaya, itu berarti 100 persen ke garis bawah Anda. Menjadi hemat pada awal bisnis Anda dapat membayar dividen besar dalam jangka panjang. Bootstrapping bisa menjadi teman terbaik Anda dalam hal arus kas Anda membersihkan bisnis!